BerandaHits
Jumat, 22 September 2022 08:17

Nadiem: OSC Medcom Jadi Solusi Tingkatkan Minat ke Perguruan Tinggi

Nadiem: OSC Medcom Jadi Solusi Tingkatkan Minat ke Perguruan Tinggi

Menteri Nadiem mengapresiasi beasiswa OSC Medcom.id. (Medcom.id)

Online Scholarship Competition (OSC) Medcom menjadi salah satu jalan para siswa berprestasi untuk lanjut ke perguruan tinggi.

Inibaru.id – Tak bisa dimungkiri bahwa mahalnya biaya pendidikan di level perguruan tinggi sedikit banyak menciutkan niat masyarakat untuk mengaksesnya. Karena itu, menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim keberadaan Online Scholarship Competition (OSC) Medcom patut diapresiasi.

Nadiem mengatakan, OSC Medcom mampu menjadi solusi dari rendahnya tingkat partisipasi peserta didik di pendidikan tinggi.

Keberadaan beasiswa sangat strategis untuk menjadi jalan pemerataan pendidikan bagi seluruh anak bangsa.

"Pemberian beasiswa menjadi program yang strategis untuk pemerataan akses terhadap perguruan tinggi," kata Nadiem dalam video sambutannya pada Kick Off Beasiswa OSC Medcom 2022 di Universitas Tarumanagara, belum lama ini.

Dia juga menyebut beasiswa OSC Medcom telah membuka peluang bagi seluruh anak bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi.

"Beasiswa OSC yang diinisiasi Medcom.id (membuka) kesempatan anak-anak Indonesia untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi akan semakin terbuka," kata Nadiem.

Minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah. (Freepik via IDNtimes)
Minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah. (Freepik via IDNtimes)

Baginya, kemajuan sebuah negara ditentukan dari SDM unggul secara pengetahuan dan kemampuan. SDM ini juga mesti tangguh dalam hal karakter dan kepribadian.

"SDM terbaik adalah yang memiliki keinginan yang kuat dalam kontribusi kepada bangsa dalam hal ini pendidikan tinggi paling dekat dengan dunia kerja menjadi titik loncat untuk Indonesia menuju masa depan," papar dia.

Karena itu, Kemendikbudristek juga telah melakukan sejumlah gebrakan yang dikemas dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hingga dapat dinikmati S1, guru, seniman, bahkan pelaku budaya.

Selain itu, Kemendikbudristek juga meluncurkan KIP Kuliah Merdeka. Dalam perkembangannya, program ini mengalami transformasi dengan peningkatan jumlah bantuan dana yang diterima mahasiswa. Sebelumnya, mereka hanya menerima Rp 2,4 juta, kini menjadi Rp 12 juta untuk program studi akreditasi A.

Sebagai informasi, tahun lalu Kemendikbudristek telah menyalurkan KIP kuliah untuk 1,7 juta mahasiswa di seluruh Indonesia. Bukan cuma itu, perhatian khusus juga diberikan untuk mahasiswa Papua, Papua Barat, daerah 3T, dan mahasiswa anak pekerja migran dengan memberikan beasiswa hingga perguruan tinggi yang disalurkan lebih dari 6.300 pendidik.

Kembali pada pembahasan OSC Medcom, Millens, tahun ini ada 539 beasiswa jenjang S1 yang siap diperebutkan. Beasiswa tersebut diberikan oleh 27 perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai mitra penyedia beasiswa.

Mereka yang berhasil lolos bakal mendapatkan beasiswa S1 bebas uang pangkal, bebas uang semester selama 8 semester, tabungan pendidikan, bantuan living cost untuk pemenang terpilih, serta kesempatan magang hingga bekerja di Media Group.

Pendaftaran dibuka mulai 8 Agustus 2022 hingga 2 November 2022 di laman https://osc.medcom.id/. Yuk, ajak juga teman dan keluarga untuk daftar. (Siti Zumrokhatun/E03)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2021 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved